Character Building Siswa Kelas X

Di tengah pesatnya perkembangan dunia dan era globalisasi dimana teknologi semakin memegang peranan dalam kehidupan, kualitas sumber daya manusia harus semakin ditingkatkan. Pintar saja tidak cukup tanpa didukung oleh karakter yang unggul.

“Banyak orang mengatakan kepintaran yang membuat seseorang menjadi ilmuwan besar. Mereka keliru, semua itu adalah karena faktor karakter.”  (Albert Einstein)

Sejalan dengan VISI sekolah RICCI, pendidikan karakter memegang peranan penting dalam proses pembelajaran di sekolah RICCI. Pendidikan karakter di SMA Katolik RICCI II terintegrasi dengan kurikulum dan teraplikasi dalam tiap mata pelajaran dan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar. Salah satu kegiatan dalam pengembangan karakter yang rutin dilaksanakan setiap tahun adalah kegiatan Character Building, yang diikuti oleh siswa kelas X. Kegiatan dilaksanakan di Aries Biru, Cisarua Puncak, pada 19-20 Juli 2018.

Penyelenggaraan pengembangan berkesinambungan character building ini memiliki arti penting serta bernilai strategis dalam rangka penguatan karakter dan penanaman moral dalam kehidupan siswa sebagai bekal menuju masa depan diri dan bangsa.

Dalam kegiatan Character Building target dari pencapaian adalah pembiasaaan karakter R-I-C-C-I yaitu Respect-Integrity-Caring-Citizenship-Initiative. Acara ini dilakukan dalam bentuk sharing dan permainan serta diakhiri dengan barberque bersama sebagai salah satu bentuk malam keakraban. Acara berlangsung dengan seru dan akrab. Dari pengamatan para guru pendamping, yang patut dibanggakan adalah kedisiplinan para siswa yang selalu tepat waktu saat mengikuti acara serta rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap teman dan guru yang terbangun dari peserta yang datang dari berbagai SMP yang berbeda. Salut!