Panik Hadapi UN SMP? Ini 6 Tahap Untuk Kembali Tenang

KOMPAS.com – Ujian Nasional ( UN) 2018 tingkat SMP berlangsung 23 – 26 April 2018. Rasa cemas dan panik dapat menyerang peserta jelang ujian berlangsung. Konselor dan motivator remaja, Kamil Inglan S.Pd, MM menyampaikan ketenangan menjadi kunci agar kita dapat mengakses memori dengan mudah.

Bila terserang panik saat mengikuti UN SMP, Kamil memberikan 6 langkah ini agar kembali tenang dan percaya diri:

1. Menarik nafas panjang dan hembuskan.

2. Lakukan beberapa kali sampai merasa tenang.

3. Pikirkan pengalaman positif untuk membangun kegembiraan.

4. Hadapi lembar ujian dengan tenang.

5. Berdoa dengan keyakinan sebelum mengerjakan.

6. Jalani ujian dengan penuh semangat.

Saat di tengah pengerjaan bila ada soal yang sulit dan membuat panik, Kamil menyarankan untuk meninggalkan soal tersebut sementara. “Karena biasanya, akan ada anchor atau jangkar emosi yang akan menjadi penghubung memunculkan kembali memori yang tersimpan saat belajar sebelumnya,” jelas Kamil.

Dalam ketenangan ‘reptilia brain’ akan membuka sehingga otak manusia dapat mudah mengakses ingatan yang sudah disimpan sebelumnya, tambahnya. Teori reptilia brain atau otak reptil merupakan teori yang dikembangkan Paul D MacLean dimana secara insting otak manusia memiliki naluri dasar menghadapi ancaman termasuk rasa panik.

Dengan ketenangan, maka manusia dapat menguasai bagian ‘otak reptil’ untuk memilih keputusan terbaik dalam menghadapi masalah.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Panik Hadapi UN SMP? Ini 6 Tahap Untuk Kembali Tenang”

Penulis : Yohanes Enggar Harususilo
Editor : Yohanes Enggar Harususilo

Sumber Gambar : Tribun Jambi – Tribunnews.com